Situs Berita Bola Terlengkap di Indonesia
Beranda » Shin Tae-Yong Bicara Soal Penjaga Gawang Pilihannya [2]

Shin Tae-Yong Bicara Soal Penjaga Gawang Pilihannya [2]

15 0

Muhammad Riyandi seperti tertimpa sebuah rezeki nomplok. Bagaimana tidak? Belum juga memperoleh status kiper utama skuad Timnas Indonesia U22, kiper Barito Putera itu langsung promosi bersama skuad Senior.

Tahun lalu, Muhammad Riyandi merupakan pelapis Nadeo dalam skuad Indonesia U22. Kiper yang kini masih berusia 20 tahun itu bahkan sempat harus berbagi tempat bersama Satria Tama sebagai kiper pelapis.

Akan tetapi, hadirnya Shin Tae-Yong telah merubah nasib Muhammad Riyandi. Kiper asli Bogor, Jawa Barat itu karirnya melesat tajam. Di usia yang sangat muda, dia masuk TC skuad senior Timnas Indonesia.

Rekam jejak Muhammad Riyandi memang tidak berbohong. Dia merupakan penjaga gawang utama Timnas U-19 di bawah arahan pelatih Indra Sjafri. Postur yang menjanjikan, 181 cm. Muhammad Riyandi juga menjadi kiper utama Barito Putera sepanjang musim 2020 ini. Dia pun sukses menyisihkan penjaga gawang syarat pengalaman, Adhitya Harlan.

MISWAR SAPUTRA (PSM MAKASAR)

Dibandingkan mengikutkan Andritany, Teja Paku Alam maupun Muhammad Ridho, pelatih timnas Shin Tae-Yong justru memilih Miswar Saputra, kiper PSM Makasar.

Terpilihnya Miswar Saputra dalam 29 pemain untuk ikuti TC jelas tidak pernah diprediksi sebelumnya. Pasalnya, penampilan kiper 23 tahun itu jauh dari standar. Baik musim lalu maupun sekarang.

Saat berseragam Persebaya Surabaya, Miswar Saputra kemasukan 40 gol dari 32 penampilan. Pada musim itu, dia mencatatkan 8 cleansheet.

Bersama PSM Makassar musim ini, Miswar Saputra bukanlah penjaga gawang utama. Dia baru tampil 1 kali dari total 3 pertandingan. Dia kalah saing dengan Hilman Syah.

Panggilan TC ini menjadi yang pertama untuk Miswar Saputra. Sebelumnya, kiper asli Aceh itu sempat akan diikutkan bersama Timnas U-23 untuk persiapan gelaran Asian Games 2018 lalu. Namun tidak memperoleh izin dari Persebaya Surabaya.

RIVKY MOKODOMPIT (PERSEBAYA SURABAYA)

Terakhir, Shin Tae-Yong memanggil kiper syarat pengalaman, Rivky Mokodompit. Kiper senior ini memang sangat jarang memperkuat Timnas Indonesia.

Pada usia yang sudah memasuki 31 tahun, Rivky Mokodompit untuk pertama kalinya memperoleh ajakan memperkuat Timnas Indonesia di level Senior. Di tahun 2011 lalu, kiper Persebaya Surabaya ini pernah menjadi salah satu bagian Timnas Indonesia U-23 pada gelaran SEA Games 2011.

Rivky Mokodompit sebenarnya sudah pernah memperkuat TImnas Indonesia. Akan tetapi, dengan mengenakan bendera “Indonesia Selection” saat berhadapan melawan Timnas Islandia di partai uji coba, Januari 2018 lalu. Akan tetapi, laga itu bukan ada di bawah payung skuad Timnas Indonesia.

Di musim lalu, saat masih bersama dengan PSM Makasar, catatan statistik Rivky Mokodompit memang kurang memuaskan. Dia kemasukan 34 gol dari total 27 penampilan. Musim ini, Rivky Mokodompit juga mengawali kompetisi dengan buruk. Eks kiper Persitara Jakarta Utara itu telah kemasukan total 5 gol dari 2 penampilan.

Linda

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.