Ronald Koeman: Era Tiki Taka Barcelona Sudah Berakhir !

0
30
koeman
RTVE

Barcelona belum juga mampu bangkit dari hasil menyakitkan 0-3 kontra Bayern Munchen di laga pembuka fase grup Liga Champions pada 15 September silam. Terbukti dengan Barcelona yang kembali gagal menang kala ditahan Granada 1-1 di pekan ke-5 Liga Spanyol pada 21 September.

Ronald Koeman selaku pelatih Barcelona pun menyalahkan badai cedera yang mendera timnya sebagai biang kerok hasil negatif yang diraih. Lebih jauh, Koeman menegaskan jika pemain-pemain Barcelona saat ini tak bisa mengimplementasikan gaya Tiki Taka yang selama ini menjadi karakter permainan El Barca.

“Lihatlah skuat yang saya punya saat ini. Kami tak memiliki barisan pemain untuk memainkan gaya Tiki Taka seperti yang diinginkan orang-orang. Perubahan harus kami buat karena situasi yang ada,” ujar Koeman kepada Marca.

“Barcelona saat ini bukan Barcelona delapan tahun lalu. (Philippe) Coutinho tak cukup cepat untuk menusuk ke kotak penalti, sedangkan (Yusuf) Demir masih perlu belajar untuk masuk ke pertahanan lawan. Saya mungkin punya alternatif ketika Ansu (Fati) dan (Ousmane) Dembele pulih. Sayangnya saat ini saya harus bermain dengan gaya seperti ini,” tutupnya.

Kekawatiran publik tidak lepas dari keputusan yang diambil oleh Koeman di penghujung laga kontra Granada. Bagaimana tidak, demi mengejar gol, Koeman justru menduetkan striker anyar, Luuk de Jong dengan bek tengah, Gerard Pique. Sebuah keputusan yang jelas tidak diperkirakan oleh para fans. Hasil imbang dari Granada pun membuat Barcelona makin jauh dari posisi puncak, yakni di posisi ke-8 klasemen Liga Spanyol dengan delapan poin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini