RESMI: UEFA Tiadakan Aturan Gol Tandang di Musim 2021/22

0
84

Para peserta kompetisi Eropa musim depan akan menghadapi aturan baru. Hal ini seiring dengan UEFA yang resmi menghapus aturan gol tandang di musim 2021/22. Aturan ini akan diberlakukan untuk semua kompetisi regional di bawah naungan UEFA yakni Liga Champions, Liga Europa, dan UEFA Conference League.

“Merujuk kepada rekomendasi dari Komite Kompetisi Klub UEFA, Komite Eksekutif UEFA sepakat untuk memberi lampu hijau kepada penghapusan aturan gol tandang dari semua kompetisi antar klub Eropa. Aturan ini berlaku efektif mulai musim 2021/22,” tulis situs resmi UEFA.

“Gol tandang telah menjadi kunci untuk menentukan pemenang ketika dua tim memiliki jumlah gol setara setelah dua leg fase gugur. Tim dengan gol tandang lebih banyak akan melaju ke babak berikutnya. Kini penentuan kelolosan akan dilakukan lewat perpanjangan waktu selama 30 menit (2×15 menit) dan adu penalti jika masih tak ada gol tercipta,” tutup sumber resmi UEFA.

Perlu diketahui, aturan gol tandang telah menjadi bagian dari kompetisi Eropa selama 56 tahun terakhir sejak pertama kali diimplementasikan pada tahun 1965. UEFA berharap penghapusan aturan gol tandang akan memberikan keadilan yang lebih bagi tiap tim yang berkompetisi di fase gugur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini