Situs Berita Bola Terlengkap di Indonesia
Beranda » Penyerang Top Indonesia Banyak Muncul dari PSM Makassar

Penyerang Top Indonesia Banyak Muncul dari PSM Makassar

28 0

 

PSM Makassar menjadi salah satu klub terbaik di Indonesia. Bahkan mereka mempunyai sejarah yang tidak kalah baik dibanding klub lainnya. Selain itu, para penyerap top kebanyakan dimunculkan oleh PSM.

Seperti diketahui, PSM merupakan tempat berlabuh bagi penyerang top. Baik penyerang asing ataupun penyerang lokal. Diantara penyerang asing ada Jacksen Tiago dari Brasil. Kemudian Aldo Baretto dari Paraguay dan Oscar Aravena, Julio Lopez dari Chile. Terakhir ada Christian Gonzales dari Uruguay.

Kemudian dengan para penyerang lokal diantaranya Miro Baldo Bento. Lalu Yusuf Ekodono, Rahman Usman, dan Kurniawan Dwi Yulianto.

Musim 2003 menjadi pencapaian terbaik penyerang PSM. Mereka berhasil mengoleksi banyak gol. Meski gagal menjadi juara, namun penampilan penyerang kala itu sangat menakjubkan. Yakni duet Oscar Aravena dan Christian Gonzales. Kedua pemain tersebut langsung menjadi bahan pembicaraan publik.

Ketika itu, Oscar mengoleksi 31 gol dan menjadi top skor. Kemudian dengan Christian Gonzales mencetak 27 gol. Sehingga keduanya mencetak 68 gol dalam satu musim. Bahkan mayoritas gol PSM dikarenakan ketajaman kedua penyerang itu.

Menurunya Performa Penyerang PSM

Namun pada musim berikutnya, kedua pemain ini berpisah. Oscar memutuskan untuk menerima pinangan Persela. Setelah hengkang, penampilan Oscar menurun dan torehan golnya jeblok.

Sedangkan dengan Christian Gonzales, ia tetap di PSM. Ia hampir bernasib sama dengan Oscar. Sang pemain memukul salah seorang ofisial Persita Tangerang. Akibatnya, ia mendapat skorsing selama satu musim.

Kemudian musim terbaik Gonzales adalah ketika di Persik Kediri. Ketika itu terjadi pada musim 2006. Ia berhasil membawa Persik Kediri menjadi juara Liga Indonesia. Bahkan pada musim yang sama, ia menjadi top skor.

Penyerang Lokal Tidak Kalah Keren

Namun jika beracuan pada gelar PSM, bomber lokal ahlinya. Para penyerang lokal malah yang membawa kesuksesan bagi PSM. Para penyerang tersebut adalah Kurniawan Dwi Yulianto, Miro Baldo Bento, dan Rahman Usman.

Duet ketiga penyerang tersebut memberi warna indah bagi PSM. Pasukan Juju Eka pada musim 1999-2000 sangatlah tangguh. Puncaknya adalah ketika mengalahkan PKT Bontang dengan skor 3-2. Kurniawan mencetak dua gol dan Rahman Usman mencetak gol.

Pada musim itu, Kurniawan mencetak 23 gol. Catatanya hanya kalah dari Bambang Pamungkas. Penyerang Persija tersebut mencetak 24 gol.

Sebenarnya, Kurniawan sendiri bisa mencetak gol lebih banyak lagi. Namun, ia selalu menolak untuk menjadi eksekutor penalti.

Renata

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.