Situs Berita Bola Terlengkap di Indonesia
Beranda » Pemain Naturalisasi Ini “Dibuang” Shin Tae-Yong [Part 2]

Pemain Naturalisasi Ini “Dibuang” Shin Tae-Yong [Part 2]

9 0

Benarkah pintu masuk skuad Timnas Indonesia telah tertutup untuk Alberto “Beto” Goncalves? Di era pelatih Shin Tae-Yong, jawaban dari pertanyaan itu adalah “YA”.

Sejak kedatangan pelatih Shin Tae-Yong menukangi Timnas Indonesia sejak Desember 2019 lalu. Beto memang belum pernah memperkuat Timnas lagi. Padahal, striker andalan Madura United itu masih menjadi pemain paling subur Timnas Indonesia pada gelaran Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan torehan 2 golnya.

Di usia yang telah menginjak 40 tahun, striker asal Brasil itu masih tetap luar biasa. Dari 30 penampilan bersama Madura United, pemain naturalisasi ini telah berhasil mencatatkan total 21 gol.

Di ajang Shopee Liga 1 Indonesia musim 2020 ini, Beto adalah pemain yang cukup “Ganas”. Mantan striker Sriwijaya FC itu telah menciptakan 3 gol. Dia hanya terpaut 1 gol di daftar top skor sementara Shopee Liga 1 Indonesia 2020, Wander Luiz dari Persib Bandung.

Beto resmi menjadi seorang WNI di bulan Januari 2018 lalu usai berada di Tanah Air sejak tahun 2009 lalu.

Ezra Walian

Polemik terkait status kewarganegaraan dari Ezra Walian di FIFA masih belum juga usai. Striker naturalisasi kelahiran Belanda itu masih belum memperoleh izin tampil di level internasional.

Semula, kasus Ezra Walian berawal saat sang striker tidak dapat tampil di ajang Piala AFC U-23 tahun 2020 lalu. Di dalam data FIFA, striker 22 tahun itu masih mengalami masalah regulasi lantaran pernah tampil bersama Timnas Belanda U-15, U-16 dan Belanda U-17 sebelum akhirnya menjadi seorang WNI.

Ketika didaftarkan Timnas U-23 pada gelaran Piala AFC U-23 2020, FIFA sudah menerima memorandum dari pihak KNVB (Federasi Sepak Bola Tertinggi Belanda) sebab pernah tampil bersama Timnas Belanda di beberapa level usia.

Akhirnya, striker PSM Makasar itu tidak bisa tampil bersama Timnas Indonesia. Baik di level U-22 ataupun Senior. Akan tetapi, Ezra Walian tetap dapat tampil di ajang Shopee Liga 1 Indonesia 2020 ini.

Greg Nwokolo

Greg memang masih sempat tampil bersama Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi PD 2022. Striker Madura United tersebut dipanggil oleh pelatih Simon McMenemy ketika berhadapan melawan Thailand dan Malaysia.

Greg lahir di Nigeria, Januari 1986 lalu. Dia resmi jadi WNI di bulan Oktober tahun 2011 lalu. Mantan striker Persija Jakarta ini sudah berkarir di Indonesia sejak tahun 2006 lalu.

Pintu masuk Timnas Indonesia sepertinya sudah tertutup bagi Greg Nwokolo. Pasalnya, pelatih Shin Tae-Yong jauh lebih menyukai melakukan penyegaran. Sebagai seorang winger, performa Greg yang sudah memasuki usia 34 tahun memang sudah terlihat menurun.

Linda

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.