Situs Berita Bola Terlengkap di Indonesia
Beranda » Menilik Kembali Kedatangan CR7 Ke Juventus

Menilik Kembali Kedatangan CR7 Ke Juventus

38 0

Kepindahan Cristiano Ronaldo ke Juventus bakalan selalu dikenang oleh banyak fans sepak bola di seluruh dunia sekarang. Sebab, tak banyak orang yang menduga bahwa pria asal Portugal itu akan meninggalkan Real Madrid.

Alasan pertama adalah karena Ronaldo sudah meraih banyak kesuksesan bersama klub berjuluk Los Merengues tersebut. Sebelum ke Juventus, ia sempat membawa Real Madrid meraih gelar juara Liga Champions.

Kedua adalah masalah usia. Ronaldo sudah berumur 33 tahun saat mendarat di Turin. Bagi sebagian besar pemain, mereka hanya memiliki dua opsi di usia segitu: pensiun di klubnya sekarang atau pindah ke kompetisi yang lebih ‘ringan’.

Namun tidak dengan Ronaldo. Ia memilih Serie A sebagai ajang yang harus dihadapinya. Bagaimana sih proses kedatangan Ronaldo di Juventus? Berikut rangkumannya seperti yang dihimpun oleh Football Italia.

Bulan Januari – 3 April 2018

Pada musim dingin, beredar kabar bahwa Real Madrid telah mencapai kesepakatan dengan Ronaldo untuk menurunkan klausul pembeliannya. Sehingga ia bisa meninggalkan Real Madrid jika ada klub, kecuali rival, yang menebusnya di angka 100 juta euro.

Diketahui bahwa itu bukanlah kehendak dari Ronaldo sendiri. Melainkan klub yang memang bertujuan untuk melepasnya. Sebelum ini, Ronaldo diikat dengan klausul pelepasan senilai satu miliar euro.

Waktu berlalu sampai tanggal 3 April 2018, di mana Real Madrid bertemu Juventus dalam laga leg pertama babak perempat final Liga Champions. Pertandingan tersebut dilaksanakan di markas Juventus, Allianz Stadium.

Ronaldo mencetak dua gol dalam kemenangan 3-0 Real Madrid. Salah satunya dicetak dengan aksi salto memukau. Saking hebatnya, Ronaldo mendapatkan standing applause dari fans Juventus.

26 Mei – 1 Juli 2018

Di laga final kontra Liverpool, Ronaldo tak ikut membubuhkan namanya di papan skor. Kendati demikian, Ronaldo tetap masuk dalam halaman depan surat kabar karena melontarkan komentar yang aneh. “Sungguh menyenangkan bisa berada di Real Madrid. Dalam beberapa hari ke depan, saya akan berbicara lebih banyak soal itu.”

Wajah Ronaldo terpampang besar di halaman depan salah satu media terbesar Italia, Tuttusport, pada tanggal 1 Juli. Tuttosport mengklaim bahwa agen Ronaldo, Jorge Mendes, sedang berupaya membawa kliennya ke Juventus.

Kabar itu datang setelah Juventus berhasil mendapatkan tanda tangan pemain Valencia yang sempat dipinjamkan ke Inter Milan, Joao Cancelo. Seperti yang diketahui, Cancelo juga berada di bawah naungan Jorge Mendes.

3 Juli – 9 Juli

Kabar soal kedekatan Ronaldo dengan Juventus langsung berhembus semakin kencang. Media kenamaan Spanyol, Marca, melaporkan bahwa negosiasi antara Juventus dan Ronaldo berlangsung lancar.

Tak lama setelahnya, laporan dari Italia mengatakan bahwa Ronaldo dan Juventus sudah mencapai kesepakatan secara personal. Diketahui bahwa Juventus akan mengikat Ronaldo dengan kontrak dan gaji sebesar 30 juta euro.

Usai mencapai kesepakatan personal, Jorge Mendes pun langsung mengagendakan pertemuan dengan Real Madrid. Ia juga membawa serta penawaran langsung dari Juventus untuk merekrut sang bintang.

10 Juli 2018

Pertemuan antara Jorge Mendes dan Real Madrid berjalan sukses. Mendes menginformasikan kepada Juventus kalau penawaran mereka akan diterima.

Andrea Agnelli selaku presiden Juventus diketahui terbang ke Yunani pagi harinya dengan jet pribadi. Perlu diketahui bahwa pada saat itu Ronaldo sedang menikmati masa jeda musim panas di negara tersebut bersama keluarganya.

Sejumlah media mengabarkan bahwa Agnelli terbang ke Yunani guna menyelesaikan proses kepindahan Ronaldo. Pada hari yang sama, Real Madrid mengumumkan bahwa Ronaldo resmi menjadi bagian mereka.

Pernyataan Resmi Real Madrid

“Real Madrid menyampaikan bahwa, merespon keinginan dan permintaan dari sang pemain Cristiano Ronaldo, dia sudah sepakat untuk pindah ke Juventus FC,” demikian bunyi pembukaan pernyataan Real Madrid.

“Hari ini, Real Madrid ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada pemain yang telah membuktikan diri sebagai yang terbaik di dunia dan yang telah menandai salah satu masa paling cemerlang dalam sejarah klub kami serta sepak bola dunia.”

“Di luar gelar yang dimenangkan, piala dan kemenangan yang diraih di lapangan selama sembilan tahun ini, Ronaldo telah menjadi contoh atas pengabdian, kerja, tanggung jawab, talenta, dan perkembangan.”

“Dia juga menjadi top skorer dalam sejarah Real Madrid dengan torehan 451 gol dari 438 pertandingan. Secara total 16 gelar, termasuk empat Liga Champions, tiga di antaranya secara berturut-turut dan empat pada lima musim terakhir.”

“Dari segi individu, dengan jersey Real Marid dia telah memenangkan empat Ballon d’Or, dua The Best, dan tiga Golden Boots, di antara sekian penghargaan lainnya.”

“Bagi Real Madrid, Cristiano Ronaldo akan selalu menjadi salah satu simbol terbaiknya dan sebagai referensi yang unik untuk generasi berikutnya. Real Madrid akan selalu menjadi rumah buat anda.” tutup pernyataan tersebut.

Sudah dua tahun Ronaldo berseragam Juventus. Ia telah bermain sebanyak 76 kali di semua kompetisi dan sudah mencetak 53 gol. Ronaldo juga telah mengantongi dua trofi dari pentas Serie A serta Supercoppa Italiana.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.