Situs Berita Bola Terlengkap di Indonesia
Beranda » Liga 1 dan Liga 2 Musim 2020 Batal Digelar? Ini Solusi PSSI

Liga 1 dan Liga 2 Musim 2020 Batal Digelar? Ini Solusi PSSI

18 0

PSSI mulai membuat beberapa scenario seandainya Shopee Liga 1 maupun Liga 2 musim 2020 ini dibatalkan akibat pandemi wabah Corona COVID-19. Rencananya, PSSI akan menggelar kompetisi “khusus” yang akan dihelat September 2020 mendatang.

PSSI mempunyai waktu setidaknya sampai 29 Mei 2020 terutama untuk melihat perkembangan. Apakah kompetisi Shopee Liga 1 maupun Liga 2 kembali bisa berjalan 1 Juli nanti. Akan tetapi, kepastian ini masih menantikan keputusan yang dibuat oleh BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

BNPB sendiri sudah menetapkan status darurat Corona sampai 29 Mei 2020. Seandainya ini masih akan berlanjut, maka PSSI memutuskan untuk membatalkan kompetisi Shopee Liga 1 ataupun Liga 2 musim 2020.

“Kami sudah mengeluarkan surat keputusan. Jika status BNPB yang rencananya berakhir 29 Mei, maka kompetisi akan kembali berjalan, 1 Juli. Masih ada waktu setidaknya 6 bulan untuk dapat menyelesaikan kompetisi.”ungkap Mochamad Iriawan selaku ketua PSSI dalam RDPU, Rabu (8/4) lalu.

“Akan tetapi, seandainya pemerintah masih belum juga mencabut status ini. Kami tidak dapat meneruskan kompetisi. Sebab waktunya jelas tidak lagi memungkinkan. Kami tidak akan berani mengambil keputusan. Terutama seandainya pemerintah juga tidak berani.”

“Kami memiliki opsi-opsi lain, seandainya wabah virus COVID-19 ini selesai, September nanti. Kami meminta izin pada pemerintah untuk dapat membuat kompetisi lain.”

Koordinasi

Nantinya, PSSI tentu akan melakukan koordinasi bersama dengan klub-klub peserta. Menurut pria yang kerap disapa “Iwan Bule” ini, kompetisi ini digelar untuk mengisi waktu sebelum kompetisi Liga 1 benar-benar dimulai musim depan.

“Mungkin nanti namanya bisa ganti ‘Liga Indonesia’ ataupun yang lain. Kami masih akan menjalin pembicaraan dengan seluruh klub. Kompetisi ini adalah untuk mengisi kekosongan sampai akhir tahun nanti.”

Terkait keputusan ini, Persela Lamongan dan Madura United pun berada dalam 1 suara. 2 klub besar Jawa Timur ini setuju kompetisi dibatalkan. Dibandingkan dengan melanjutkannya, Juli 2020 mendatang.

Persib Juga Sepakat

Hal sama juga diungkapkan oleh Umuh Muchtar selaku Komisaris PT. Persib Bandung Bermartabat (PBB). Menurut Umuh, sekarang ini yang paling penting adalah keselamatan seluruh warga Indonesia. Sepak bola tentu harus dikesampingkan terlebih dahulu demi kebaikan bersama.

Di sisi berbeda, sepak bola merupakan hiburan seluruh masyarakat. Umuh pun merasa cukup yakin seandainya kompetisi “khusus” ini benar-benar jadi digelar. Akan ada banyak sekali pihak yang menyetujuinya.

“Jika kondisi masih belum juga aman. Saya pikir ada banyak cara lain supaya sepak bola tetap bisa berjalan. Jangan sampai 100% berhenti total.”ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.