Situs Berita Bola Terlengkap di Indonesia
Beranda » Evan Dimas, Gelandang Terbaik Timnas Indonesia

Evan Dimas, Gelandang Terbaik Timnas Indonesia

30 0

Skuad Garuda Timnas Indonesia pernah memiliki sosok gelandang luar biasa yang ada di dalam diri Firman Utina. Saat ini, beban itu tampaknya dipikul oleh salah satu gelandang Persija Jakarta, Evan Dimas. Begitu banyak orang berpendapat jika gaya bermain mantan penggawa Timnas U-19 ini mirip dengan sosok Firman Utina.

Sebagai gelandang “Box to Box” Evan Dimas memang diharuskan mempunyai peran dan tanggung jawab penuh saat tim dalam kondisi tertekan maupun menyerang. Dia pun juga sukses memiliki kemampuan untuk mematikan pergerakan lawan hingga kreator serangan utama timnya.

Seorang gelandang berperan “Box to Box”, Evan Dimas dituntut mempunyai stamina di atas normal. Inilah yang diperlihatkan oleh Evan Dimas saat bermain seperti tanpa kenal lelah.

Performa Luar Biasa

Nama Evan Dimas mulai dikenal ketika membela Timnas Indonesia U-19. Saat itu, Evan Dimas tampil di bawah arahan pelatih Indra Sjafri.

Bersama dengan skuad Timnas Indonesia U-19, Evan Dimas menjadi salah satu bintang. Evan tampil memukau dan mengantarkan Timnas Indonesia U-19 merengkuh gelar juara Piala AFF U-19 di tahun 2013 lalu.

Secara keseluruhan, gelandang yang kini tampil Persija Jakarta ini telah mengoleksi total 12 gol dari 30 penampilan bersama Timnas U-19. Evan Dimas promosi ke level Timnas Indonesia U-22 di tahun 2015 lalu.

Tampil di bawah arahan Luis Milla, dia tetap mampu tampil gemilang. Akan tetapi sayangnya, Evan Dimas hanya bisa mempersembahkan medali perak bersama Timnas U-22.

“Dia [Evan Dimas] adalah sosok pemain penting. Dia bisa bermain pada posisi pemain nomor 6 ataupun 8. Namun, kadang lawan memang jauh lebih kuat. Sementara kami terus ingin mencoba mengendalikan pertandingan. Evan juga bisa tampil sebagai pemain nomor 10.”ungkap Milla.

Idolakan Firman Utina

Evan tidak menampik jika gaya bermainnya dipengaruhi oleh idolanya, Firman Utina. Wajar, karena keduanya memang mempunyai posisi sama.

Saat masih aktif, Firman Utina adalah gelandang sangat tangguh. Firman Utina mempunyai peran begitu penting bagi tim yang dia bela. Saat menyerang maupun bertahan. Dia juga sosok pengatur serangan dan dirijen lapangan tengah. Karena Firman juga pemutus pertama serangan musuh.

Gaya inilah yang ditiru oleh Evan Dimas. Sehingga tidak aneh jika beberapa pengamat menyebut Evan Dimas sebagai “New Firman Utina”.

“Ya, dia [Firman Utina] adalah idola saya.”ungkap Evan Dimas.

Keduanya juga sempat bermain bersama di Bhayangkara FC. Ini terjadi di tahun 2017 lalu saat kedua pemain sukses mengantarkan Bhayangkara FC meraih gelar juara Liga 1 Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.