BerandaEuro 2020EURO 2020: Analisis Peta Kekuatan Grup B

EURO 2020: Analisis Peta Kekuatan Grup B

EURO 2020 akan segera digelar pada 12 Juni 2021. Ada analisis menarik dari kami untuk Grup B yang diisi Rusia, Belgia, Denmark, dan Finlandia.

Nah seru kan nih grupnya. Ada Rusia, Belgia, Denmark, dan Finalndia. Tiga nama pertama menjadi tim Eropa yang berpengalaman, sementara Finlandia merupakan debutan. Jadi seperti apa nih peluang-peluangnya? Yuk simak analisis kami untuk Grup B.

Rusia

Banyak yang percaya Rusia akan mencapai prestasi terbaiknya di EURO 2020. Hal ini karena pencapain tingga mereka di Piala Dunia yang mencapai perempatfinal dan mengalahkan Spanyol. Tak heran makan perempatfinal EURO kini menjadi bidikan Rusia.

Tapi apa yang ditunjukkan Rusia tak selamanya menggigit dengan target besar yang diinginkan mereka. Rusia enam pertandingan tanpa kemenangan di akhir tahun 2020 dan kebobolan 11 gol. Mereka hanya mencetak emat gol dan itulah masalah Rusia saat ini.

Namun, jika pelatih Stanislav Cherchesov dapat memecahkan masalah, ada potensi Rusia tak hanya sekadar nampang di babak grup dan bahkan ada sedikit kemungkinan melebihi ekspetasi penggemar dan juga target tim.

Mereka akan memainkan peratandingan yang berat dan penting di penyisihan grup. Rusia akan berada di Kopenhagen, Denmark, bersama dengan tuan rumah. Lalu Rusia juga akan bertemu dengan Belgia serta Finlandia.

Sebenarnya ada rasa pesimistis tentang peluang Rusia di EURO 2020. Bahkan Belgia dipredksi menjadi lawan terjal Rusia karena berperingkat lebih tinggi dari Rusia. Belum lagi ancaman tuan rumah Denmark serta kuda hitam Finlandia.

Denmark dalam kondisi fisik yang unggul dan memiliki kualitas lebih dalam penguasaan bola, yang dapat memberi mereka keuntungan.

Sampai di sini tidak ada jaminan Rusia akan lolos ke babak selanjutnya. Namun, peluang mereka tetap terbuka jika Rusia bisa menampilkan permainan yang apik dan bisa mengimbangi kekuatan Belgia dan juga Denmark.

Belgia

Belgia berada di peringkat ke-66 dalam peringkat FIFA pada 2009. Enam tahun berselang, Belgia menjadi tim terbaik dunia dengan perubahan sepak bola usia muda yang spektakuler.

Berbicara tentang generasi emas seperti Vincent Kompany, Thomas Vermaelen, dan Eden Hazard begitu menonjol. Kemenangan besar pun tampaknya hanya menunggu waktu saat mereka masih bermain di bawah asuhan Mark Wilmots.

Sang pelatih memiliki banyak pilihan di skuad Belgia. Sayang Belgia harus tersingkir di EURO 2016. Roberto Martinez mengambil alih tugas selanjutnya dan dia berhasil menciptakan pemusatan latihan yang lebih menyenangkan. Hasilnya Belgia melangkah ke semifinal Piala Dunia 2018. Ini menjadi tim Belgia terhebat sepanjang masa.

Kompany, Moussa Dembele, dan Marouane Fellaini semuanya telah keluar dari panggung. Di sisi positifnya, Romelu Lukaku, Youri Tielemans, dan Yannick Carrasco semuanya adalah pemain yang jauh lebih baik daripada tahun 2018.

Ini adalah tim yang berpengalaman, tetapi juga tim yang lebih tua, terutama di zona pertahanan. Sebelum Piala Dunia sebelumnya, analis media Belgia memperkirakan bahwa itu akan menjadi kesempatan terakhir generasi untuk memenangkan hadiah utama.

Martinez, seperti Kompany di Rusia, mungkin mendapatkan emas dengan kebangkitannya dari pemain penting selama turnamen. Dengan tim yang relatif muda, Romelu Lukaku bisa memimpin mereka ke tempat tertinggi di EURO 2020. Semifinal menjadi tempat terbaik bagi Belgia.

Denmark

Denmark penuh kejutan jelang EURO 2020. Tim Dinamit ini sudah lama tak terlihat sekuat ini dalam sejarah sepak bola mereka. Dimulai dengan Kasper Schmeichel yang mejadi benteng pertahanan di mistar gawang dan beberapa pemain muda lainnya yang memiliki gairah tinggi.

Kasper Hjulmand, pelatih muda Denmark berhasil memadukan gaya sepak bola modern dan menyerang. Dia mampu memperluas fondasi pertahanan yang kukuh peninggalan Age Heride. Ia juga memperkenalkan banyak pendekatan dengan permainan bola pendek.

Denmark juga menikmati keuntungan sebagai tuan rumah dalam pertandingan grup melawan Rusia, Belgia, dan Finlandia di Kopenhagen. Maka dari itu, Denmar difavoritkan bisa lolos dari penyisihan grup. bahkan mereka berharap bisa ke semifinal dan bermain di Wembley.

Mereka akan memainkan tiga pertandingan di rumah sendiri. Pertandingan pembuka melawan Finlandia tampaknya memjadi tiga poin melawan negara yang bersaing di EURO perdananya.

Sementara melawan Belgia, Denmark tidak terlalu difavoritkan. Pada pertemuan terakhir di Nations League Denmark kalah 2-4 dari Belgia. Ini menjadi tugas Denmark agar melawan Rusia di pertandingan terakhir berjalan dengan baik dan tiga poin.

Finlandia

Finlandia membutuhkan waktu selama 80 tahun untuk mencapai putaran final EURO untuk pertama kalinya. Ini semacam mimpi indah karena sepak bola mereka melewati jalan yang sulit.

Suporter Finlandia menunjukkan kesetiaannya kepada negara dengan siap berpergian menemani tim ke seluruh Eropa selama bertahun-tahun. Hasilnya, mereka berhasil menembus ke EURO 2021.

Sayangnya, di EURO 2021, ada pembatasan penonton karena pandemi COVID-19. Pendukung Finlandia harus rela tiketnya dibatalkan setelah EURO 2020 mundur ke tahun 2021.

Secara tim, Finlandia tidak memiliki peluang yang bagus untuk lolos dari penyisihan Grup B karena grup ini diisi tim-tim berpengalaman seperti Belgia, Rusia, dan Denmark.

Tapi Finlandia berpotensi mengejutkan, terlebih jika tim-tim lain meremehkan mereka. Setidaknya ada peluang untuk menahan imbang Belgia atau Denmark dan mengupayakan menang melawan Rusia, sudah menjadi prestasi tersendiri. Lolos dari Grup B sudah pasti membuat seluruh Finlandia berpesta layaknya mereka juara EURO 2020.

Kabar Bola Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini