Situs Berita Bola Terlengkap di Indonesia
Beranda » Cucu Sumantri Bicara Soal Pengganti Sekjen PSSI

Cucu Sumantri Bicara Soal Pengganti Sekjen PSSI

10 0

Kabar mengejutkan, dari internal PSSI yang dilaporkan baru saja ditinggal oleh Sekretaris Jenderalnya yakni Ratu Tisha Destria pada hari Senin (15/4) lalu. Jelas, situasi ini membuat banyak kalangan kini terus menebak-nebak orang yang akan menjadi kandidat penggantinya.

Meski demikian, Cucu Somantri yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum di Asosiasi Tertinggi Sepak Bola Indonesia itu mengklaim untuk proses orang yang akan ditunjuk untuk mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Ratu Tisha Destria nanti bakal tak bisa dilakukan secara instan.

Terlebih, pria berusia 58 tahun ini juga memaparkan soal beberapa tahapan secara resmi yang harus dilakukan.

“Yang jelas, orang yang akan menjabat sebagai Sekretaris Jenderal di PSSI mesti menjalani uji kelayakan serta kepatutan. Ditambah, seluruh kandidatnya memang diwajibkan untuk mengikuti prosedur itu. Lalu, mesti ada pengesahan dari Komite Eksekutif di asosiasi ini.” papar Cucu pada hari Selasa (14/4) kemarin.

Mengenai Sekjen

Bisa dikatakan, tugas yang diemban oleh Sekretaris Jenderal di PSSI memang cukup krusial. Dikarenakan, sosok tersebut mesti menguasai betul soal organisasi dan mengerti secara keseluruhan soal sepak bola di Tanah Air.

Mengingat, di dalam Statuta PSSI ada pasal yang diperuntukan untuk Sekretaris Jenderal. Detailnya, orang menjabat di posisi ini mesti mengerjakan keputusan akhir yang sudah ditetapkan saat Kongres PSSI plus disepakati oleh seluruh anggota Komite Eksekutif di asosiasi ini. Meski demikian, semua ini tetap juga tak boleh melenceng dari aba-aba Ketua Umum.

Selain itu, Sekretaris Jenderal harus menyiapkan serta mengurus Kongres PSSI, rapat internal untuk Komite Eksekutif dan seluruh institusi besar yang lain (khususnya di sepak bola).

Ditambah, seorang Sekjen PSSI juga diwajibkan untuk memiliki hubungan yang apik dengan seluruh anggota di asosiasi sepak bola.

“Saya tegaskan, orang yang akan bertugas sebagai Sekretaris Jenderal memang memiliki tanggung jawab serta pekerjaan yang berat.  Lumrah, semisal untuk penunjukan posisi ini mesti melalui banyak prosedur yang cukup panjang serta cukup rinci.”

Beberapa Calon Penggantinya

Menariknya, kini sudah muncul beberapa nama calon yang akan menggantikan posisi Ratu Tisha Destria. Tepatnya, ada sekitar enam nama seperti Maaike Ira Puspita, Marco Gracia Paulo, Tommy Welly, Muhammad Kusnaeni, Viola Kurniawati, Ahmad Syauqi Suratno. Sangat menarik untuk menantikan soal kelanjutan kabar soal sosok yang akan menjabat sebagai Sekjen PSSI.

Linda

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.